Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Atasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca dan Blank

 

Atasi Harddisk, Harddisk Eksternal, Harddisk Eksternal Tidak Terbaca dan Blank

 Harddisk Eksternal Tidak Terbaca - Harddisk yang tidak terbanyak merupakan salah satu hal yang sering terjadi dan ini tentu sangat mengganggu serta meresahkan sebab kita sering menaruh data kita baik data pribadi pekerjaan atau data penting lainnya.

Harddisk eksternal memang merupakan sebuah solusi yang cukup baik untuk kita yang membutuhkan penyimapanan data tambahan dan dengan ini kita di mudahkan karena kita bisa membawanya kemana mana. Masalah di atas merupakan sebuah masalah yang umum dan  banyak juga diluar sana yang resah akan terjadinya hal hal tersebut.

Sebenarnya banyak faktor penyebab Harddisk ekternal kita tidak terbaca, diantaranya sebagai berikut.

Penyebab Harddisk tidak terbaca

Harddisk yang tidak terbaca sering terjadi dan ini merupakan hal yang menyebalkan dan membuat was was kita sebaga pemilik Harddisk tersebut sebab tidak jarang juga kita menaruh banyak file yang cukup penting di dalamnya. Adapun penyebab harddisk tidak terbaca di antaralain sebagai berikut.

1.Tejatuh atau terbentur


Harddisk yang terjatuh atau terbentur memang terlihat sepele namun hal ini bisa menjadi fatal. Banyak hal buruk yang bisa terjadi, mungkin jika hanya hilang sementara atau mungkin data yang kita miliki hilang namun harddisk yang kita miliki masih selamat itu lumayan melegakan, namun jika permanen hilang dan sama sekali tidak terbaca itu merupakan hal yang riskan dan sangat disayangkan nantinya karna tidak bisa dibenarkan kembali. Jadi saran mimin agar kalian tidak teledor dan berhati hati saat menggunakan harddisk tersebut.

2. Teledor


Menggunakan Harddisk dengan teledor pun menjadi salah satu hal yang bisa menjadi penyebab yang bisa mendatangkan efek yang berlebih di antaranya seperti kalian menaruh sembarangan, asal dalam mencolok dan memasangnya dan masih banyak lagi.

Itu merukapakan baru sebagian kecil dari penyebab harddisk kita tidak terbaca sebenarnya masih banyak lagi penyebab lainnya yang bisa mengganggu harddisk eksternal yang kita miliki. Adapun penyebab tentu ada juga solusinya dan solusi mengatasi harddisk ekstenal yang tidak terbaca sebagai berikut.

Cara atasi Harddisk eksternal tidak terbaca


Adapun beberapa cara untuk mengatasi harddisk eksternal yang tidak terbaca yang bisa kalian coba sebagai berikut.

1. Mencoba Port USB yang lain


Jika harddisk tidak terbaca kalian jangan langsung panik, kalian bisa coba terlebih dahulu cara yang satu ini ialah dengan cara mencoba Port USB lain. Biasanya di laptop atau PC kita memiliki banyak Port USB disana, kalian bisa mencobanya terlebih dahulu jika sekiranya blm bisa mungkin kalian bisa juga mencoba ke perangkat atau PC maupun Lapotop lain.

2. Daya yang cukup


Hal ini juga merupakan salah satu hal yang bisa teman teman perhatikan, sebab beberapa dari perangkat yang kita miliki terkadang membutuhkan daya yang cukup atau bahkan lebih seperti harddisk ekstenal ini jika dibandingkan dengan flashdisk atau yang lainnya.

Jadi jika harddisk tidak menerima daya yang cukup dari sumbernya ia bisa menyebabkan harddisk bekerja tidak maksimal bahkan bisa menjadi tidak terbaca, jadi hal ini sangat sangat penting untuk kalian perhatikan.

3. Cek Harddisk Eksternal di Disk Management


Jika teman teman mengalami harddisk eksternal kalian tidak terbaca kalian bisa mencoba cara ini juga, kalian bisa mengecek harddisk kalian jika tidak terbaca di Computer Kalian tepatnya di Disk Management.

Jika harddisk ekstenal kalian tampil sebagai Unalocater tentunya harddisk kalian tidak akan muncul, untuk membuatnya terlihat kalian bisa membuat volume baru dengan cara sebagai berikut.

  1. Langkah pertama tentunya kalian pergi ke disk Management pada perangkat kalian dan pastinya harddisk eksternal terpasang disana.
  2. Selanjutnya kalian bisa pilih Part kemudian kalian bisa klik kanan Unallocate space kemudian pilih New Simple Volume
  3. Selanjutnya tentukan ukuran volume kalian.
  4. Complete Format Partition, yang terakhir klik Fisih untuk mengonfirmasi.
Ada juga cara selanjutnya jika masih juga belum terbaca sebagai berikut.

4. Update Driver pada perangkat


Terkadang windows pada perangkat yang kita miliki juga mengalami masalah, adapun cara yang mesti teman teman perhatikan ialah dengan cara memeriksa driver perangkat kalian di Device Manager untuk kalian mengecek apakah perlu melakukan per Updatean atau tidaknya.

Caranya sebagai berikut :

  1. Pergi ke device manager pada perangkat yang kalian miliki.
  2. Selanjutnya perluas Disk Drives
  3. Klik kanan pada file yang ingin kalian Update dribe atau kalian bisa Unistall device kemudian ikuti arahan hingga selesai.

Penutup


Jadi itulah beberapa cara untuk mengatasi Harddisk ekstenal yang tidak terbaca yang bisa teman teman lakukan. Kalian bisa terapkan cara cara di atas semoga kalian mendapat hasil sesuai dengan yang di harapkan. 

Mungkin sekian pembahasan mengenai atasi harddisk tidak terbaca, semoga membantu. Terimakasih!

Post a Comment for "Atasi Harddisk Eksternal Tidak Terbaca dan Blank "