Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Atasi Laptop Lemot Windows7,8 & 10 Terbaru 2022

 

Laptop Lemot, atasi laptop lemot, Laptop error

Mengalami lemot pada laptop yang kita miliki tentu sangat terasa efeknya, khususnya kita sebagai seorang siswa atau siswi karena tentunya menggunakan laptop sebagai alat mengerjakan segala macam tugas terutama di erapandemi seperti ini. Kalian pasti merasa risih dengan laptop yang performanya tidak seperti dulu lagi saat awal membeli dan terasa sangat mengganggu dalam beraktifitas saat menggunakannya.

Namun hal ini tentunya kita rasakan sama dengan produk elektronik lainnya, baik laptop, Komputer, Handphone danlain sebagainya. Penyebab laptop kita mengalami penurunan kinerja atau lemot juga bisa beragam, mulai dari penggunaan yang sudah lama, Memori yang penuh, terkena Virus, Ram yang terbatas, dan masih banyak lagi.

Kalian sebagai pengguna tentunya akan lebih mengetahui kelemahan pada perangkat atau laptop yang kalian miliki. Untuk kalian yang mengalami lemot pada perangkat atau laptop kalian, kalian bisa perhatikan cara mengatasi laptop sebagai berikut.

Mengatasi Laptop Lemot


Perhatikan langkah atau cara dibawah ini, mungkin cara ini dapat membantu permasalah yang terjadi pada laptop yang kalian miliki. Jadi kalian bisa terapkan cara berikut satu persatu dan kalian dapat rasakan untuk efek dari setiap cara sehingga kalian akan lebih tahu mana yang efektif dan hal apa yang sebenarnya terjadi pada laptop kalian.

Atasi laptop lemot, caranya sebagai berikut.  

1. Menghapus Sofware atau File yang tidak dipakai

Menghapus data baik program, File, Software yang tidak di gunakan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengatasi lemot pada laptop atau komputer, karena dengan ini kalian akan memper ringan beban dari Laptop atau komputer yang kalian miliki.

Dengan menghapus Sofware, file atau yang lain yang berada di laptop ini akan memberikan sebuah ruang kosong pada harddisk sehingga kerja mereka akan lebih baik dan lebih ringan sehingga mereka akan lebih maksimal lagi.

Untuk kalian yang sudah menghapus file dan ingin mengetahui file yang kalian hapus sudah bersih atau tidak bisa dengan cara berikut.

Note, hal ini diperuntukan untuk kalian yang menghapus file pada lok disk C.

pertama kalian bisa memeriksa salah satu area pada lok disk c kalian dengan membuka File Explorer, selanjutnya pilih This PC kemudian buka direktori C.

2. Membersikan Cache pada laptop

Langkah yang kedua untuk kalian mengatasi Laptop lemot ialah dengan cara membersihkan Cache pada laptop kalian. 

file berupa cache ini perlu juga di bersikan agar perangkat kalian lebih ringan nantinya. Kalian bisa lakukan ini secara rutin. Adapun cara membersihkannya sebagai berikut. 

Pertama kalian bisa buka File Manager kemudian klik kanan pada lok disk C atau D, selanjutnya pilih Properties, kemudian klik Tab general kemudian pilih Disk Cleanup untuk bersihkan cache pada disk tersebut.

3.Menggunakan Sofware yang sesuai dengan spek laptop

Yang ketiga untuk mengatasi laptop lemot ialah dengan cara menyesuaikan kita dalam memilih dan menggunakan software dengan perangkat yang kita miliki.

Sebelum membeli anda tentunya mengetahui spesifikasi dari laptop kalian bukan? kalian juga tentunya sudah mengetahui akan dipakai untuk apa laptop kalian nantinya, sehingga kalian bisa menyesuaikan dengan apa yang akan digunakan nantinya.

Jika kalian sudah mengetahui spesifikasi dari laptop kalian dan kalian ingin menggunakannya misal dengan spesifikasi standar atau dibawah rata rata kalian bisa juga tetap mengedit namun dengan software yang lebih kecil dan ringan, sehingga ini tidak akan terlalu memaksakan laptop kita untuk bekerja sehingga nanti akan mengalami Lemot, berhenti atau stuck pada laptop kita.

4. Menginstall Antivirus

Kadang virus menyerang laptop kita sehingga laptop atau komputer kita menun performanya. Virus yang menyerang juga bermacam macam mulai dari malware, adware, spyware dan masih banyak lagi.

Jika kalian merasa laptop kalian lemot dan sekiranya terkena virus, kalian juga bisa menggunakan antivirus. Antivirus juga kini telah banyak keluar dan kalian bisa dapatkan dengan mudah di internet, kalian bisa memilih antivirus yang sudah memiliki banyak pengguna dan ulasan tentunya agar kalian merasa yakin dalam menggunakannya, atau kalian bisa tanya ke teman kalian yang menggunakannya hal ini agar mempermudah saja agar kalian sudah mengetahui langsung dari kinerja antivirus tersebut.

5. Upgrade Ram

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya ialah bisa dengan cara mengupgrade Ram, dengan menambah Ram kinerja Laptop kalian akan lebih maksimal lagi nantinya. Biasanya laptop bawan hanya memiliki Ram 2 atau 4 GB Ram saja, itu pun tergantung kalian membeli diawalnya. Kalian tidak perlu hawatir biasanya Ram sendiri bisa di Upgrade Bisa sampai 8 Gb tergantung kemapuan laptop kalian.

Untuk sekarang ini laptop yang memiliki Ram sebesar 8Gb juga sudah banyak keluar dan Ram juga sedia dari 8 Gb satu keping dan ada juga yang lebih lagi. Dengan ini kalian dapat memper timbangkan untuk mengupgrade Ram yang kalian miliki.

6. Upgrade Memori

Langkah yang selanjutnya ini ialah dengan mengUpgrade memori, bisa kalian mengUpgradi dari 512 Gb ke 1 Tb atau kalian juga bisa pindah atau menambahkan sebuah SSD, Hal ini cukup efektif sebab biasanya SSD jauh lebih Cepat dari pada Harddisk biasanya. 

Namun Teman teman mesti perhatikan ialah SSD biasanya lebih mahal dibandingkan Harddisk sehingga kalian akan merogoh kantong kalian.

Namun untuk kalian yang laptopnya sudah memiliki port SSD kalian bisa menggunakan 2 sekaligus sehingga kalian tidak perlu khawatir dan tak perlu bingung lagi, ini juga dapat membuat ringan pengeluaran kalian untuk mengUpgrade ke SSD.

7. Memanfaatkan penyimpanan cloud

Cara berikutnya atau cara terakhir kalian bisa juga menggunakan Cloud storage, hal ini bisa menjadi sebuah cara yang efektif agar laptop kalian tidak mudah penuh terutama untuk kalian yang memiliki kapasitas Harddisk yang kecil.

Adapun rekomendasi untuk kalian menggunakan layanan tersebut ialah OneDrive, Googledrive, MediaFire, dan masih banyak lagi.



Penutup

Itudia pembahasan mengenai Cara atasi Laptop lemot dan cara ini bisa kalian lakukan sendiri dirumah. Ada pun dengan cara diatas kalian bisa coba satu persatu dan saran ku agar menganalisis terlebih dahulu atas fungsional dari perangkat yang kalian miliki agar tidak perlu mengeluarkan kocek yang banyak.

Mungkin itu pembahasan kali ini, terimakasih semoga membantu!